CUSTOM WORLD DENGAN FITUR AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS : TOKO KINGKONG CUSTOM WORLD)

  • Wahyuni Wahyuni Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Hanifah Permatasari Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Bangun Prajadi Cipto Utomo Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Katalog Produk, Augmented Reality, Sherwood-Rout

Abstract

Toko Kingkong Custom World merupakan sebuah toko atau distro yang membuat pakaian custom seperti kaos, jersey, hoodie, topi dan totebag. Permasalahan yang dihadapi adalah munculnya pertanyaan terkait warna-warna sablon yang dihasilkan oleh toko tersebut. Toko tersebut hanya mengandalkan contoh sampel pakaian custom, katalog warna yang dimiliki, dan memakai foto dari sampel custom atau pakaian yang telah dipesan oleh customer sebelumnya. Hal ini membuat customer masih perlu untuk memperkirakan hasil sablon yang akan dihasilkan, sehingga dapat menghambat proses transaksi hingga ke proses pengerjaan di bagian workshop. Guna menyelesaikan masalah tersebut, dibutuhkan aplikasi yang dapat menampilkan katalog produk custom berbasis Mobile Augmented Reality, menggambarkannya dalam bentuk objek 3D, dan akan muncul perbandingan warna sablon yang dihasilkan, sehingga customer dapat segera memilih produk yang diinginkan, kemudian dapat mempercepat proses pengerjaan pesanan. Aplikasi ini telah diselesaikan dengan metode Sherwood-Rout. Metode ini menekankan pada review dan pengujian pada client sebelum aplikasi digunakan, sehingga aplikasi yang digunakan bisa tepat sesuai dengan kebutuhan client.

Published
2020-09-14
Section
Articles