WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) BAGI MAHASISWA AKADEMI PARIWISATA MANDALA BAKTI SURAKARTA

  • Sudiro Sudiro Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Workshop, Penuisan, Proposal PKMi

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat “Workshop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bagi Mahasiswa Akademi Pariwisata Mandala Bakti Surakarta”  ini adalah untuk memberikan ketrempian dan pengetahuan cara  penulisan proposal
program kreativitas mahasiswa (PKM) yang baik bagi mahasiswa sebagai upaya peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan mahasiswa dalam membuat dan menulis proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berkualitas dan lolos didanai. Peserta kegiatan workshop dan pelatihan ini adalah mahasiswa Program Studi Perhotean AKPARTA Mandala Bakti Surakarta sebanyak 30 orang.

Sedangkan kegiatan ini dilaksanakan di kampus AKPARTA Mandala Bakti Surakarta. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 1) Presentasi, 2 Tanya Jawab, 3) Diskusi, 4) Penugasan pembuatan proposal PKM, dan 5) Pendampingan pembuatan proposal PKM.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di AKPARTA Mandala Bakti Surakarta ini di mulai dari tahap persiapan dan pelaksanaan. Persiapan di muai dari observasi dan sosialisasi kepada mahasiswa AKPARTA Mandala Bakti Surakarta. Sedangkan pelaksanaan kegiatan pengadian masyarakat di mulai dari presentasi materi penulisan proposal PKM, Tanya jawad dan diskusi, penugasan pemuatan proposal PKM, evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pendampingan pembuatan proposal PKM.  Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 1) adanya  peningkatan pemahaman dan pengetahuan terhadap program  PKM, 2) Adanya peningktan mahasiswa daa membuat proposal PKM yang ditunjukkan dengan jumlah proposal dengan ide-ide yang lebih kreatif dan kekinian, (3) Adanya peningkatan kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam menyusun proposal PKM dan mekanisme pengusulan proposal PKM, 4) Peserta dari mahasiswa AKPARTA Mandala Bakti Surakarta  setelah pelatihan telah menghasilkan produk berupa proposal PKM.

Published
2020-09-15
Section
Articles