WORKSHOP OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI GUNA MENDUKUNG KINERJA GURU BK SERTA PENINGKATAN PELAYANAN KONSELING KEPADA SISWA SMA SMK

  • Wahyu Wijaya Widianto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Suci Purwandari Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: penggunaan dana desa, ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, ketahanan ekologi

Abstract

Workshop Optimalisasi Teknologi Informasi Guna Mendukung Kinerja Guru BK Serta Peningkatan Pelayanan Konseling Kepada Siswa SMA SMK ini dilakukan bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kualitas dan kinerja di lingkungan sekolah; (2) Meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa ; (3) Menambah inovasi dalam mengelola penggunaan dan publikasi materi ajar.

Pengabdian Workshop Optimalisasi Teknologi Informasi Guna Mendukung Kinerja Guru BK Serta Peningkatan Pelayanan Konseling Kepada Siswa SMA SMK ini dilaksanakan di Aula Kampus 2 Politeknik Indonusa Surakarta pada tanggal 29 November 2019 pukul 13.00 WIB. Peserta pelatihan adalah Waka Humas SMA SMK sebanyak 52 orang. Dalam rangka mencapai tujuan yang telah disebutkan sebelumnya, maka ditempuh langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menghubungi Kepala Sekolah dan Waka Humas untuk mengetahui sejauh mana guru memanfaatkan ICT dalam melakanakan memberikan layanan bimbingan konseling kepada siswa dan mencari data perlu atau tidaknya diadakan Workshop Optimalisasi Teknologi Informasi Guna Mendukung Kinerja Guru BK Serta Peningkatan Pelayanan Konseling Kepada Siswa SMA SMK; (2) Menyelenggarakan program pengenalan dan pelatihan, yang meliputi tahap pengenalan, tahap pelatihan, dan tahap evaluasi hasil; (3) Tahap pengenalan dan pelatihan dilakukan secara kelompok.

Berdasarkan hasil pengabdian dapat disimpulkan: (1) Kegiatan ini dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan ICT. (2) Kegiatan ini mampu meningkatan pengetahuan. (3) Kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat dalam peningkatan kinerja secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi berbasis ICT.

Published
2020-09-15
Section
Articles