WORKSHOP VIDEOGRAFI UNTUK PEMULA PADA ANGGOTA KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA KARANGANYAR SEBAGAI UPAYA STRATEGI BRANDING ORGANISASI

  • Jahid Syaifullah Politeknik Indonusa Surakarta
  • Makmun Syaifudin Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sudiro Sudiro Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Videografi, Branding Organisasi, Pramuka

Abstract

Pelatihan Videografi dalam upaya peningkatan branding organisasi di lingkungan anggota
kwartir cabang gerakan pramuka Kabupaten Karanganyar bertujuan untuk memperkenalkan
kembali kepada generasi muda mengenai gerakan kepramukaan melalui video-video pendek
mengenai profil organisasi tingkat ranting di sekolah, cabang, daerah hingga organisasi
kwartir nasional gerakan pramuka. Pelatihan dilaksanakan Selama satu hari dua sesi yang
meliputi kegiatan persiapan dari pra produksi, hingga pasca produksi.
Kegiatan pra produksi dimulai dengan penentuan ide, perencanaan yang berupa penyusunan
storyboard, pemilihan talent, pemilihan alat,penentuan jadwal shooting, dan persiapan.
Setelah pelatihan di bidang pra produksi selesai,semua gagasan selesai maka pelaksanaan
produksi dimulai. Pelatihan di bidang produksi di mulai dengan pengenalan jenis kamera,
jenis lensa indoor lensa outdoor, hingga penulisan naskah. Tahap akhir dalam workshop
videografi adalah dengan pelatihan di pasca produksi, yakni kegiatan penyuntingan hasil
pengambilan gambar, editing dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro CC 2020,
dan terakhir adalah mixing.
Kegiatan workshop videografi pagi pemula di lingkungan kwartir cabang gerakan pramuka
Kabupaten Karanganyar dapat terlaksana seperti yang di rencanakan. Hasil dari workshop
selama satu hari ini adalah video company profile Kwartir Cabang Gerakan Pramuka
Kabupaten Karanganyar.

Published
2021-02-06
Section
Articles