KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN NILAI KEBERAGAMAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI LABSCHOOL RUMAH CITTA JOGJAKARTA

  • Markus Utomo Sukendar Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Nilai Keberagaman, Pembentukan Karakter

Abstract

Keberagaman Indonesia, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya adalah kekayaan yang
menguntungkan, pemahaman mengenai hal ini sangat penting untuk dikenalkan kepada anak sejak
dini, sehingga nantinya bisa diinternalisasi menjadi karakter yang sanggup menghargai dan
menghormati keberagaman yang ada di lingkungannya. Pembelajaran nilai-nilai keberagaman
membutuhkan proses yang panjang dan berkesinambungan, dan sekolah mempunyai peranan yang
cukup besar dalam pembelajaran. Prosesnya dilakukan dengan komunikasi interpersonal, yang diyakini
paling efektif untuk mengubah pendapat, sikap dan perilaku seseorang, karena prosesnya melalui
dialogis atau percakapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan
dokumentasi, analisis datanya adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi interpersonal dilakukan dengan pola satu arah, dua arah dan multi arah, dan dilakukan
dengan efektif sesuai faktor keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung
(supportiveness)sikap positif (positiveness) dan kesetaraan (equality).

Published
2019-12-19
Section
Articles