IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XII TKJ SMK NEGERI 1 TULUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Heri Pranoto SMK Negeri 1 Tulung Klaten
Keywords: Media gambar, Problem Based Leaning, Pembelajaran, Siklus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menerapkan media gambar melalui pendekatan problem based learningpada siswa kelas XII TKJ A SMK Negeri 1 Tulung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch)yaitu suatu penelitian yang berupa kolaborasi antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ A di SMK Negeri I Tulung tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 31 siswa.Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru teman sejawat. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat meningkatkan aspek afektif (rasa senang, keaktifan, semangat, pendapat siswa terhadap penerapan media gambar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi globalisasi) aspek kognitif meliputi 80% dari 31 jumlah siswa kelas XII TKJ A di SMK Negeri I Tulung Tahun Pelajaran 2015/2016 mampu mendidkripsikan berupa tes unjuk kerja sesuai dengan indikator dan kriteria penilaian yang ditetapkan KKM 70, aspek afektif, kognitif, psikomotorik serta menjadikan suasana kelas menyenangkan dan kondusif dalam suatu proses pembelajaran yang optimal.

Published
2020-02-10
Section
Articles