UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI KOLABORASI METODE QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Kristanto Kristanto SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten
Keywords: Prestasi Belajar IPS, Quantum Teaching, Snowball Throwing

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya guru dalam mengelola pembelajaran IPS yang bermakna sehingga siswa akan memiliki pengalaman belajar yang mengesankan. Pengalaman yang diperoleh siswa akan semakin berkesan apabila proses pembelajaran yang diperolehnya merupakan hasil dari pemahaman dan penemuannya sendiri. Dalam konteks ini penerapan metode Quantum Teaching yang dikolaborasikan dengan Snowball Throwing menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas X Akuntansi 2 Semester Gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi Negara-negara Asia Tenggara melalui kolaborasi metode pembelajaran Quantum Teaching dan Snowball Throwing siswa kelas X Akuntansi 2 Semester Gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Akuntansi 2 Semester Gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 (tiga) siklus yaitu pre test, siklus 1 dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas X Akuntansi 2 Semester Gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal tersebut ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan rata-rata hasil IPS dari pra siklus sebesar 63 siklus II sebesar 77, dan pada siklus II sebesar 85. Sedangkan untuk pencapaian ketuntasan belajar individual, siklus I sebesar 63 %, siklus II sebesar 100%. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat semakin meningkat dari rata-rata sedang menjadi baik bahkan baik sekali. Demikian juga aktivitas guru semakin meningkat yakni mampu mengelola proses pembelajaran IPS lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Published
2020-02-10
Section
Articles