PENINGKATAN PRESTASI MEMBACA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN PEMENANG LOMBA BACA PUISI PADA SISWA KELAS X PEMASARAN 1, SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • Yosefine Jalal Rustanti SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten
Keywords: Metode permodelan pemenang lomba baca puisi, Prestasi membaca puisi, Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasimembaca puisi dalam pelajaran bahasa Indonesiamelalui penerapan metode permodelan pemenang lomba baca puisi pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten yang berjumlah 35orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru teman sejawat. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasimembaca puisisiswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten melalui penerapan metode permodelan pemenang lomba baca puisi.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan ada peningkatan prestasi membaca puisi, terbukti nilai rata-rata yang diperoleh dari 68 menjadi 77 atau meningkat 11% setelah dilakukan tindakan pada siklus I. Setelah dilakukan refleksi dan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat 19% menjadi 87.

Published
2020-02-10
Section
Articles