FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA BERBASIS TEKNOLOGI (TECHNOPRENEURSHIP) MAHASISWA (STUDI KASUS: MAHASISWA STMIK DUTA BANGSA DAN POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA)

  • Tri Djoko Santosa
  • Novemy Triyandari Nugroho
Keywords: intensi, technopreneurship, kebutuhan akan prestasi, efikasi diri, kesiapan instrumen, jender, prestasi akademik, pengalaman kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kebutuhan akan prestasi, efikasi diri, kesiapan instrumen, gender, prestasi akademik, dan pengalaman bekerja terhadap intensi berwirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei di STMIK Duta Bangsa dan Politeknik Indonusa Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 3.235 mahasiswa, sampel diambil secara proporsional sebesar 10% dari masing-masing program studi di STMIK Duta Bangsa dan Politeknik Indonusa Surakarta sehingga sampel yang diambil adalah 324. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden mempunyai penilaian terhadap variabel technopreneurship sedang, variabel kebutuhan akan prestasi tinggi, variabel efikasi diri sedang, variabel kesiapan instrumen baik. Penilaian terhadap faktor gender, mayoritas responden mahasiswa laki-laki. Penilaian responden terhadap prestasi akademik, mayoritas responden berprestasi akademik baik. Penilaian responden tentang pengalaman kerja, mayoritas responden belum berpengalaman kerja. Peningkatan variabel kebutuhan akan prestasi, efikasi diri, kesiapan instrumen, gender, prestasi akademik, dan pengalaman kerja, akan berdampak pada peningkatan intensi berwirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) mahasiswa. Secara parsial, faktor kebutuhan akan prestasi, efikasi diri, kesiapan instrumen, dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap intensi berwirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) mahasiswa, sedangkan faktor gender dan prestasi akademik tidak mempengaruhinya. Secara simultan, faktor kebutuhan akan prestasi, efikasi diri, kesiapan instrumen, gender, prestasi akademik, dan pengalaman kerja berpengaruh terhadap intensi berwirausaha berbasis teknologi (technopreneurship) mahasiswa.

Published
2020-02-10
Section
Articles