PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM PROSES PERKULIAHAN DI POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA

  • Ratna Susanti Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Prinsip kerja sama, Pelanggaran, Dosen, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelanggaran terhadap prinsip kerja sama dalam proses perkuliahan di Politeknik Indonusa Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis pelanggaran prinsip kerja sama yang terjadi pada tuturan yang terdapat dalam tuturan antara dosen dan mahasiswa dan antara mahasiswa dengan mahasiswa dalam proses perkuliahan tersebut. Data yang dianalisis berupa tuturan yang mengandung pelanggaran prinsip kerja sama yang diucapkan oleh dosen maupun mahasiswa dalam sumber data berupa proses perkuliahan Komunikas Ilmiah Prodi D3 Komunikasi Massa semester IV. Data tersebut kemudian dianalisis dengan paradigma deskriptif kualitatif berdasarkan teori mengenai prinsip kerja sama yang dikemukakan oleh Grice. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelanggaran terhadap prinsip kerja sama dapat terjadi pada salah satu maksim saja, tetapi juga dapat terjadi pada lebih dari satu maksim dalam satu tuturan atau informasi. Pelanggaran yang sering terjadi adalah terhadap maksim kualitas, maksim kuantitas, dan maksim relevansi.

Published
2020-02-10
Section
Articles