PENGARUH VARIASI CELAH KATUP DAN BUSI TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PERTALITE PADA MESIN BENSIN 4 TAK

  • Wachid Yahya Mesin Otomotif, Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Variasi celah katup dan busi, bahan bakar pertalite, mesin bensin 4 tak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi celah katup dan celah busi terhadap konsumsi bahan bakar pertalite pada mesin bensin 4 tak. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan merupakan penelitian kuantitatif, yaitu memaparkan secara jelas hasil eksperimen di laboratorium terhadap sejumlah benda uji, kemudian analisis datanya menggunakan angka-angka. Pengambilan data penelitian ini dihasilkan dari pengukuran konsumsi bahan bakar pertalite pada sepeda motor Honda GL Pro 1600 menggunakan variasi celah katup dengan ukuran kerenggangan 0,08 mm, 0,10 mm dan 0,15 mm dan variasi celah busi 0,60 mm, 0,80 mm dan 1,00 mm dengan bahan bakar pertalite menggunakan angka RON 90, putaran mesin 1400 rpm (idle), selama 1 menit dan sebanyak 3 kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan dari variasi celah katup dan busi terhadap tingkat konsumsi bahan bakar pertalite. Rata-rata konsumsi bahan bakar pertalite yang paling tinggi yaitu dihasilkan pada variasi celah katup 0,10 mm dengan celah busi 0,80 mm, dalam waktu 1 menit membutuhkan konsumsi bahan bakar 4,20 ml, sedangkan yang paling rendah yaitu diperoleh pada variasi celah katup 0,08 mm dengan celah busi 0,60 mm, dalam waktu 1 menit membutuhkan konsumsi bahan bakar 3,46 ml. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahan bakar pertalite yang digunakan pada mesin bensin 4 tak akan lebih rendah konsumsi bahan bakarnya apabila celah katup menggunakan ukuran 0,08 mm dan busi diukur menggunakan ukuran celah 0,60 mm.

Published
2020-02-10
Section
Articles