ANALISA PENGARUH KOMPONEN AKREDITASI TERHADAP PRESTASI KERJA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DI SOLORAYA

  • Bangun Prajadi Cipto Utomo STMIK Duta Bangsa Surakarta
  • Joni Maulindar STMIK Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Komponen Akreditasi, BAN – PNF, Prestasi Kerja, LKP.

Abstract

Berdasarkan Permendiknas RI No. 30 tahun 2005, Pasal 1 ayat 1. : Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal yang selanjutnya disebut BAN-PNF adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan jalur pendidikan non formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Sedangkan pada ayat 2 berisi tentang : Akreditasi pendidikan non formal adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan suatu satuan pendidikan non formal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-PNF yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan program atau satuan. Standar akreditasi sesuai PP No.19 tahun 2005, pasal 2 ayat 1, bahwa : Standar Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, dimana dalam mempersiapkan kualitas pendidikannya, dituntut untuk memiliki jaminan dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, untuk itu maka perlu dilakukan evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh Akreditasi BAN - PNF terhadap prestasi kerja Lembaga Kursus dan Pelatihan di Soloraya. Seberapa besar pengaruh 8 (delapan) stándar yang telah ditetapkan oleh BAN – PNF terhadap Prestasi Kerja LKP di Soloraya, baik secara sendiri - sendiri maupun secara bersama – sama. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, Uji Reabilitas, Uji F dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen akreditasi BAN – PNF baik secara sendiri – sendiri maupun bersama – sama menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi kerja Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Published
2020-02-11
Section
Articles