ANTESEDEN NIAT ADOPSI E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta)

  • Suci Purwandari Staf Pengajar, Program Studi D3 Mesin Otomotif Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: trust, perceived of risk risk, perceived usefulness, perceived ease of use, e-commerce

Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya internet saat ini semakin memudahkan penggunanya untuk berbagai tujuan. Salah satu pemanfaatan internet saat ini yang sedang berkembang pesat adalah untuk kegiatan bisnis atau e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat untuk mengadopsi e-commerce. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta yang mempunyai niat untuk melakukan online shopping dengan memanfaatkan e-commerce. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 148 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Structural Equotion Modelling (SEM). Berdasarkan hasil analisis pada bab sebelumnya maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perceived usefulness, dan perceived of risk risk memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to transact secara online. Sedangkan trus dan perceived ease of use tidak memiliki pengaruh terhadap intention to transact secara online.2) Trust berpengaruh signifkan perceived of risk, perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap intention to transact secara online. 3) Perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness.

Published
2020-02-11
Section
Articles