PENGARUH MINAT DAN MOTOVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS VII SMP BATIK SURAKARTA)

  • Indah Wahyu Utami Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Widi Nugrahaningsih Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Minat, motivasi, Prestasi belajar siswa

Abstract

Secara umum sekolah merupakan lembaga formal yang memegang peranan yang sangat
penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah menjadi tempat
berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar”. Salah satu indikator kualitas pendidikan dapat
dilihat dari prestasi belajar. Untuk mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa
kelas VII di SMP Batik Surakarta. Untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi terhadap
prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Batik Surakarta. Metode penelitian, deskripsi data
kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder.
Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa Motivasi dengan cara memberikan reward kepada
para siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan memberikan pengayoman kepada siswa
dalam kehidupan sosial di sekolahan, ternyata meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII
SMP Batik Surakarta. Begitu juga minat belajar meningkat ketika guru menjelaskan dengan
memberikan peristiwa-peristiwa konkrit dan sedang viral, selain itu dilakukan outing class juga
meningkatkan minat belajar siswa, yang kemudian prestasi siswa kelas VII SMP Batik
Surakarta pun juga meningkat. Saran dari penelitian ini, supaya kegiatan-kegiatan yang telah
dilakukan guru dengan meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa supaya prestasi siswa
juga meingkat yang saat ini telah dilakukan, tetap dapat diteruskan sehingga dengan demikian
para siswapun juga lebih berprestasi.

Published
2020-03-30
Section
Articles