PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI POLITEKNIK JAMBI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK)

  • Johandri Iqbal Politeknik Jambi
Keywords: motivasi kualitas, motivasi karir, motivasi kuantitas

Abstract

Pendidikan profesi akuntansi merupakan pendidikan tambahan yang harus diikuti oleh lulusan akuntansi, Minimnya jumlah akuntan publik saat ini, merupakan salah satu yang dihadapi oleh profesi akuntan publik yang ingin mendapatkan gelar akuntan, Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti mengenai pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi Politeknik jambi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Metode pengumpulan data mengunakan metode survey dengan instrument kuesioner. Pengujian statistik dalam penelitian ini mengunakan analisis regresi linear berganda dengan tingkat
signikansi 5%, dan data diolah dengan mengunakan program SPSS versi 22 untuk windows. dari hasil nilai koefesien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,547, hal ini berarti 54,7% minat mengikuti PPAk dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yaitu motivasi kualitas, motivasi karir dan motivasi kuantitas. Sedangkan 45,3% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2019-06-12
Section
Articles