PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR STRATEGI PEMASARAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS X PEMASARAN 1 SMK NEGERI 2 BLORA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Sri Suhardini SMK Negeri 2 Blora
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Prestasi belajar, Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar strategi pemasaran
melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X
Pemasaran 1 SMK Negeri 2 Blora semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran strategi pemasaran.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 2 Blora yang berjumlah
36 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan
guru teman sejawat. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan
dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Proses
penelitian dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata
pelajaran tersebut. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus
dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan prestasi belajar strategi pemasaran siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 2
Blora melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil
penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar strategi pemasaran
siswa dari 20 siswa (56%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 26 siswa (72%) yang tuntas
pada siklus I dan meningkat menjadi 34 siswa (94%) yang mencapai batas ketuntasan belajar.
Nilai rata-rata prestasi belajar strategi pemasaran meningkat dari 71,67 pada pra siklus
menjadi 71,67 atau meningkat 7% pada siklus I dan menjadi 83,47 atau meningkat 16% pada
siklus II.

Published
2022-01-12
Section
Articles