PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMK NEGERI 2 BLORA SEMESTER 6 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Cicilia Dian Ratnawati SMK Negeri 2 Blora
Keywords: Model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share(TPS), Prestasi belajar, Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share(TPS) siswa kelas XII Administrasi
Perkantoran 2 SMKNegeri 2 Blora semester 6 tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia . Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 2 Blora yang berjumlah
32 orang.Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan guru
temansejawat. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasidan tes. Proses penelitian dilakukan dalam
dua siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran tersebut. Masing-masing siklus
terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan
analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing
pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 2 Blora
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Hasil penelitian yang
telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa dari 19 siswa (59%)
yang tuntas pada pra siklus menjadi 24 siswa (75%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi
30 siswa (94%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar Bahasa
Indonesia meningkat dari 72,81 pada pra siklus menjadi 79,69 (meningkat 9%) pada siklus I dan
menjadi 86,41 (meningkat 19%) pada siklus II.

Published
2022-01-12
Section
Articles