UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SEMESTER I SEOLAH DASAR NEGERI 2 TEGALYOSO KECAMATAN KLATEN SELATAN 2014/2015

  • Estiningsih Rahayu SD Negeri 2 Tegalyoso
Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dalam
materi struktur dan fungsi akar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tegalyoso.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerimaan tindakan
berjumlah 27 siswa yang terdiri 18 laki-laki dan 9 perempuan. Metode pengumpulan data
dilakukannya melalui observasi tes melalui LKS dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar sebagai berikut : antara lain
: (a) rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 55,5 (b) Pada siklus I meningkat menjadi 63 (c) Pada
siklus II meningkat menjadi 78,3. Sedangkan siswa yang tuntas sebelum tindakan 6 siswa (22%),
pada siklus I terdapat 10 siswa (37%) dan pada siklus II siswa yang tuntas 19 siswa ( 79%) Dengan
data tersebut membuktikan bahwa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan , siklus I dan
siklus II dengan penerapan pembelajaran kontektstual dengan media lingkungan sekitar dan telah
mencapai indikator pencapaian hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas yaitu > 70. Dari penelitan
ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPA dalam
menyebutkan struktur dan fungsi akar kelas IV semester I dapat meningkat sehingga
meningkatknya hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Tegalyoso pada mata pelajaran IPA.

Published
2022-01-12
Section
Articles