ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG BATIK DI KOTA SURAKARTA

  • Anista Yulia Ratnawati Politeknik Indonusa Surakarta
  • Edy Susena Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: analisis, manajemen, pemasaran

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, jumlah pengusaha batik di Kota Surakarta mengalami
peningkatan. Menurut Ketua Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan (FPKBL) ada 92
tempat yang terdaftar di Kampoeng Batik Laweyan, sementara jumlah pedagang di Beteng Trade
Center (BTC) sebanyak 700 pedagang. Menurut data dari Ikatan Himpunan Pedagang Pasar
Klewer (IHPPK) dan Dinas Pasar Klewer, jumlah pedagang di Pasar Batik Klewer sebanyak
1.467, sedangkan Jumlah pedagang di Pusat Grosir Solo (PGS) sebanyak 1221 pedagang. Ada
beberapa industri batik juga dilengkapi dengan show room yang memberi kesempatan luas bagi
wisatawan untuk sekadar melihat-lihat koleksi batik atau bahkan berbelanja batik. Beberapa
industri juga menyediakan workshop untuk memberi ruang bagi wisatawan yang mau belajar
membuat batik secara langsung.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan
dokumentasi. Untuk mengambil sampel dari populasi dari pedagang Batik di Kota Surakarta.
dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 100 responden, sedangkan analisis yang
digunakan adalah analisis SWOT.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Kegiatan Penelitian Dosen Pemula (PDP)
yang berjudul “Analisis Manajemen Pemasaran Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang
Batik Di Kota Surakarta” telah dilaksanakan dengan baik, 2). Hasil penelitian, menyatakan bahwa
pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang batik di Kota Surakarta bervariasi, mulai dari
motode tradisional (mulut ke mulut), referensi dari pelanggan, menggunakan sosial media
(WhatApps dan BBM), menggunakan website (online), 3). Berdasarkan analisis SWOT dapat
disimpulkan bahwa metode pemasaran yang disarankan kepada pedagang baik di Kota Surakarta
menggunakan teknologi internet (website), sehingga produk dapat dipromosikan secara luas.
Luaran dari penelitian ini adalah: Artikel Ilmiah dan Buku Ajar Manajemen Proyek Sistem
Informasi.

Published
2022-01-12
Section
Articles