KAJIAN PUSTAKA PENGGUNAAN TEKNOLOGI E-LEARNING UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR

  • Wahyu Hidayat STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
  • Ardymulya Iswardani STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
Keywords: motivasi, e-learning dan teknologi

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap segala bidang tak terkecuali pada bidang pembelajaran. Dalam proses pembelajaran terdapat dua pihak yang terkait yakni guru sebagai pemberi pelajaran dan siswa sebagai pembelajar. Kedua faktor pembelajaran sangat terkait dengan adanya motivasi.Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji atau menganalisis apakah e-leraning mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.apakah ada faktor lain selain e-learning yang mempengaruhinya. Motivasi belajar siswa sangat dominan dalam proses pembelajaran, oleh karenanya bantuan teknologi pembelajaran hadir. Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah penggunaan e- learning. Metode yang digunakan dalam kajian penelitian ini adalah metode kualitatif. Cerita sukses e-learning memotivasi belajar dan peran pengajar dalam mengarahkan banyak ditemukan namun demikian sebuah e-learning belum dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa yang artinya untuk mencapai kesuksesan sempurna dibutuhkan keterlibatan tidak hanya penggunaan teknologi yang canggih, namun kepiawaian pengajar
dalam mengarahkan serta ketrampilan pengelolaan yang sistematis dianggap memiliki hubungan dan pengaruh bagi suksesnya penerapan e-learning pada suatu pembelajaran.

Published
2019-06-12
Section
Articles