DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP KECERDASAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI DAERAH PEDESAAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DAERAH PEDESAAN

  • Edy Susena Politeknik Indonusa Surakarta
  • Dewi Amelia Lestari Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: pelajar, internet, pendidikan

Abstract

Teknologi informasi telah membuat kehidupan masyarakat yang dinamik dan cepat. Tuntutan
aktifitas masyarakat yang semakin meningkat menyebabkan banyak alat – alat teknologi
bermuculan di pasaran mulai dari handphone dengan berbagai merk, tipe dan fitur yang sangat
canggih, laptop, netbook, iphod, tablet dan sebagainya. Alat – alat ini sangat identik untuk
mengakses internet. Banyak kalangan remaja dan pelajar telah memanfaatkan teknologi ini dalam
mencukupi kebutuhan informasi. Khususnya untuk kalangan pelajar banyak membantu dalam
bidang pendidikan. Keinginan peneliti melakukan penelitian pengaruh teknologi internet terhadap
kecerdasan pelajar yang ada didaerah pedesaan adalah mendorong semua pihak – pihak terkait untuk
mengembangkan teknologi internet di daerah pedesaan untuk memajukan pendidikan di daerah
pedesaan sehingga hak pelajar untuk mendapatkan ilmu sebanding dengan pelajar yang ada didaerah
perkotaan.
Dalam penelitian ini peneliti telah melakukan pengumpulan data dengan metode observasi,
dokumentasi dan wawancara. Disamping itu peneliti juga membagikan kuisioner dan tugas kepada
para responden untuk mendapatkan data yang kongkrit. Batasan yang digunakan dalam penelitian
adalah para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di daerah pedesaan khususnya jurusan
IPA. Untuk sampling peneliti menggunakan 10 sekolah baik negeri maupun swasta. Setiap sekolah
menggunakan responden dari guru sebanyak 10 dan responden dari siswa sebanyak 50. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu suatu metode untuk
memaparkan serta menjelaskan kegiatan atau objek yang diteliti yang berkaitan dengan pengkajian
fenomena secara lebih rinci atau membedakannya dengan fenomena yang lain (Denzin dan Lincoln,
2009 :223).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti bahwa nilai yang diperoleh
responden setelah responden disarankan untuk mencari materi pelajaran melalui internet nilainya
lebih baik dari pada sebelum disarankan untuk mencari materi pelajaran di internet. Sekolah yang
memanfaatkan jaringan internet untuk mendukung pembelajaran nilai lebih tinggi dari pada sekolah
yang belum memanfaatkan internet sebagai pendukung pembelajaran.
Dengan demikian berdasarkan data diatas peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa
dengan memanfaatkan jaringan internet dapat meningkatkan kecerdasan siswa, dengan demikian
adanya jaringan internet di pedesaan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pedesaan.

Published
2022-01-14
Section
Articles