RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN DI MAN SUKOHARJO

  • Edy Susena Politeknik Indonusa Surakarta
  • Monah Nugraheni Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: sistem pendukung keputusan, pemilihan jurusan, kriteria, SAW

Abstract

MAN Sukoharjo merupakan salah satu madrasah di Kota Sukoharjo yang tiap tahunnya rutin melaksanakan pemilihan jurusan bagi siswanya. Penjurusan ini dimaksudkan agar nanti siswa dapat menyelesaikan sekolah sesuai dengan minat dan kemampuannya sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Proses pemilihan jurusan saat ini memiliki kelemahan diantaranya membutuhkan waktu cukup lama dan juga hasil yang didapat kurang akurat karena bisa saja
terjadi banyak kekeliruan karena belum tersedianya aplikasi khusus untuk mendukung perhitungan tersebut. Selain itu unsur subjektifitas pun cukup tinggi karena kriteria yang digunakan masih sedikit dan kurang relevan.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatkan sistem pendukung keputusan untuk membantu Wakil Kurikulum dalam menentukan pemilihan jurusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Adapun kriteria yang digunakan adalah Mata Pelajaran IPA, Mata Pelajaran IPS. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW mampu mengatasi permasalahan dalam proses pemilihan jurusan di MAN Sukoharjo.

Published
2019-06-12
Section
Articles