PELATIHAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERINOVASI PEMUDA KARANG TARUNA DI ERA MILENIAL MELALUI PERANCANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MIT APP INVENTOR

  • Wahid Yahya Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: pelatihan, inovasi, karang taruna, MIT App Inventor

Abstract

Pemuda karang taruna sebagai generasi muda merupakan penggerak utama kegiatan dalam masyarakat. Berdasarkan berbagai potensi dan kesempatan yang dimiliki oleh pemuda karang taruna mampu memberikan kegiatan-kegiatan berdampak positif dalam menghadapi era teknologi saat ini. Selama ini gambaran kegiatan yang dilakukan hanya sebatas kegiatan turun menurun dari pengelola sebelumnya, sehingga tidak terlihat unsur kreativitas pada kegiatan yang dilakukan. Maraknya penggunaan smart phone mendorong para pemuda khususnya karang taruna untuk bisa memanfaatkan sesuatu yang lebih dengan membuat kreativitas yang dituangkan dalam perancangan aplikasi menggunakan App Inventor. App Inventor adalah aplikasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android.
Berdasarkan pada uraian diatas Politeknik Indonusa Surakarta sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen dalam mengaplikasikan tridharma perguruan tinggi telah melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yaitu pelatihan pengembangan keterampilan berinovasi pemuda karang taruna di era milenial melalui perancangan aplikasi android berbasis MIT App Inventor.
Dari hasil pelaksanaan program tersebut dapat disimpulkan; (1) terlaksananya pemberian materi penggunaan MIT App Inventor, (2) terlaksananya pembuatan produk aplikasi Music Player dari hasil pelatihan tersebut.

Published
2019-10-07
Section
Articles