WORKSHOP DAN PELATIHAN CAD CAM “DESAIN OTOMASI MANUFAKTUR DENGAN AUTODESK FUSION 360”

  • Onery Andi Saputra Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Desain, CAD, CAM, Fusion

Abstract

Mitra yang digandeng dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yaitu mahasiswa teknik mesin Kabupatan Tegal. Mahasiswa teknik mesin merupakan mahasiswa yang memiliki pemahaman dasar mengenai teknik desain.Namun aplikasi desain yaing digunakan yaitu hanya Auto CAD maupun Inventor. Padahal saat ini ada perkembangan teknologi baru untuk aplikasi desain yang canggih namun tidak memerlukan hardware komputer dengan spesifikasi tinggi. Aplikasi tersebut yaitu Autodesk Fusion, perpaduan dari berbagai aplikasi yang dijadikan menjadi satu buah aplikasi yang complek. Permasalahan yang dihadapi mitrayaitu pengetahuan mengenai aplikasi desain baru masih sangat minim, sehingga sangat perlu untuk disebarluaskan kepada mahasiswa yang membutuhkan.
Solusi yang ditawarkanyaitu membuat sebuah agenda Pelatihan CAD CAM serta membuat agenda Workshop CAD CAM Desain Otomasi Manufaktur dengan Autodesk Fusion 360. Luaran yang ingin di capai dari terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu (1) Publikasi jurnal pengabdian kepada masyarakat ber-ISSN; (2) Modul Desain Otomasi Manufaktur dengan Autodesk Fusion 360. Metode yang akan digunakan yaitu terdiri atas 3 tahapan, yaitu : (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; dan (3) Evalusi. TahapanPerencanaan melakukan beberapa kegiatan antara lain melakukan komunikasi dengan mitra kerjasama, merencakan pelaksanaan kegiatan; mempersiapan peralatan dan bahan untuk pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan programmelakukan validasi peserta kegiatan, melakukan pembuatan modul pelatihan dan workshop, serta memastikan peralatan dan bahan ang digunakan dapat berjalan dengan baik. Evaluasiprogram dengan memberikan angket masukan terhadap peserta kegiatan mengenai pelaksanaan kegiatan selama kegiatan berlangsung.
Pelaksanaan Pelatihan dilakukan pada hari sabtu tanggal 29 Januari – 3 Februari 2018. Pelaksanaan dilakukan di Universitas Panca Sakti Tegal. Pelaksanaan pelatihan selama 48 jam, mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00. Peserta pelatihan merupakan mahasiswateknik mesin di area Kabupaten Tegal. Jumlah peserta pelatihan SMK sebanyak 20 peserta dari 12 yang berbeda. Hasil dari pelaksanaan pelatihan mahasiswa teknik mesin memiliki pengetahuan tambahan mengenai aplikasi desain autodesk fusion 360 sekaligus mahasiswa mampu mengoperasikan aplikasi dengan baik.

 

Published
2019-10-07
Section
Articles