PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN DOSEN STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA

  • BANGUN PRAJADI CIPTO UTOMO STMIK DUTA BANGSA SURAKARTA
Keywords: Kepemimpinan, motivasi, disiplin, lingkungan, kinerja

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Duta Bangsa Surakarta sebagai
sebuah institusi Pendidikan Tinggi memiliki visi, misi dan tujuan tertentu terkait dengan upaya
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tercapainya tujuan institusi tidak lepas dari peran sumber
daya manusia dalam melaksanakan pekerjaan yang diembannya. Oleh karena itu peran pimpinan,
karyawan dan dosen yang berkualitas, yaitu karyawan dan dosen yang melaksanakan pekerjaannya dan
mampu memberikan hasil kerja yang optimal dengan dilandasi adanya motivasi, kedisiplinan tinggi
sangat dibutuhkan oleh institusi untuk mencapai tujuan organisasi dalam pembangunan di bidang
pendidikan yang mampu menghasilkan output dan outcome yang kompeten dan unggul.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan design penelitian survey menggunakan
beberapa variabel sebagai pusat pengkajian data yang berkaitan dengan pengaruh kepemimpinan,
motivasi kerja, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dan dosen STMIK Duta
Bangsa Surakarta yang dilakukan dengan melalui penyebaran kuisioner yang diambil dan kemudian
oleh penulis dijadikan sebagai bahan analisa dan pembahasan penelitian. Analisa data yang dilakukan
meliputi pengujian kualitas data, pengujian asumsi klasik, analisa regresi linear berganda dan
pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motivasi mempunyai pengaruh negatif terhadap kinerja.
Sedangkan tiga variabel lainnya yaitu kepemimpinan, displin dan lingkungan mempunyai pengaruh
positif terhadap kinerja. Untuk variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja adalah
lingkungan. Sehingga untuk memperoleh kinerja dosen dan karyawan yang optimal faktor
kepemimpinan, displin dan lingkungan perlu ditingkatkan.

Published
2019-11-22
Section
Articles