PEMETAAN GAYA BELAJAR MAHASISWA DENGAN CLUSTERING MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS

  • Wiji Lestari STMIK Duta Bangsa Surakarta
Keywords: Clustering, Pemetaan, Gaya Belajar, Fuzzy C-Means

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sistem clustering gaya belajar mahasiswa berdasarkan
Memletics Learning Styles Inventory menggunakan Fuzzy C-Means. Pada penelitian ini input data
berupa data inventori gaya belajar mahasiswa yang dibagi dalam 7 tipe gaya belajar : Visual,
Verbal, Aural, Physical, Logical, Social dan Solitery. Input data dijadikan matriks 18 x 7 dan 21 x
7. Parameter-parameter pada sistem clustering Fuzzy C-Means yang digunakan adalah jumlah
cluster 3 dan 6, jumlah iterasi maksimum 100, pangkat (pembobotan ) 2, kriteria penghentian 10-5.
Proses clustering diawali dengan penentuan matriks keanggotaan U, penetuan matriks pusat
cluster dan penghitungan fungsi objektif. Jika nilai fungsi objektif sudah konvergen maka hasil
akhir dari matriks U dan matriks pusat cluster digunakan untuk menentukan keanggotaan cluster.
Hasil proses clustering menunjukkan bahwa nilai fungsi objektif sudah konvergen sebelum iterasi
ke seratus. Data input didistribusikan ke dalam 3 dan 6 cluster. Hasil analisis cluster gaya belajar
Aural dan Social dominan di beberapa cluster, gaya belajar Logical kurang dan gaya belajar yang
lain sedang

Published
2019-11-25
Section
Articles