PERENCANAAN ISLAMIC CYBER COURSE PONDOK PESANTREN AL MUKMIN SUKOHARJO JAWA TENGAH

  • Sukron Sukron STMIK Amikom Yogyakarta
  • Bambang Soediyono STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Eko Pramono STMIK AMIKOM Yogyakarta
Keywords: e-learning, daring, value chain, telegram, moodle, bigbluebutton, almukmin, converence

Abstract

Perkembangan Smartphone yang menjamur sebagai telepon berkemampuan seperti mini-komputer
yang memiliki banyak fungsi dan penggunanya dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun.
Smartphone memiliki fungsi lain seperti kamera, video, MP3 players, telepon. Para guru dan
karyawan 75% memiliki koneksi internet dengan memanfaatkan personal komputer dan smartphone.
Pondok Al Mukmin pada tahun-tahun terakhir menjadi sorotan khalayah dalam hal kurikulum, sistem
pendidikan dan alumni. Maka peningkatan kompetensi pada seluruh guru dan karyawan terus
ditingkatkan. Para guru berinisiatif sendiri membangun group-group di media sosial facebook dan
whatsapp. Diskusi dilakukan untuk berbagi ilmu dan diskusi pemasalahan kontemporer. Maka
dilakukan perencanaan Pelatihan dalam jaringan Al Mukmin (ICCAM). Metode analisa kebutuhan
sistem dengan pendekatan value chain yang kemudian dipetakan dengan use case diagram dan actifity
diagram. ICCAM diterapkan dengan metode blanded learning dengan menggabungkan aktifitas
berbasis web, instant messenger dan converence. Pada perencanaan ini penulis merekomendasikan
untuk menggunakan telegram instant messenger dan moodle web yang diintegrasikan dengan
bigbluebutton untuk aktifitas web dan converence

Published
2019-11-25
Section
Articles