RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT EMPING MELINJO OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS PRODUK DIKECAMATAN KARANG MOJO KABUPATEN KLATEN

  • Sudiro Sudiro Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Rancangan, Mesin Pembuat Emping

Abstract

Emping merupakan produk olahan melinjo (Gnetum Jaemon) yang paling terkenal dan sangat digemari masyarakat, sehingga emping merupakan komoditi sektor industri kecil yang paling potensial dan berprospek cukup cerah dalam pengembangan industri -Agro untuk menunjang kebutuhan nasional non-migas. Produk emping yang beredar dipasaran terdapat berbagai macam jenis dan ukuran, yaitu kecil, sedang dan besar. Emping ukuran kecil dikenal dengan nama emping "ceprek" bentuknya agak bulat, tebal dan kecil. Emping ukuran sedang paling banyak terdapat dipasaran, emping jenis ini dibuat dari beberapa biji melinjo yang dipipihkan dan disatukan. Jenis lainnya adalah emping berukuran besar yang terbuat dari 20-30 biji melinjo yang dipipihkan dan disatukan.
Pembuatan emping melinjo yang masih konvensional di desa Karang mojo, Klaten tidaklah mampu memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat. Kualitas emping melinjo yang dihasilkan pun kurang maksimal (bentuk dan ukuran kurang menarik), dan akan mempengaruhi daya jual dari emping tersebut.. Untuk memproduksi emping dalam sehari dibutuhkan 60kg melinjo, dibutuhkan sekitar 5 pekerja dengan biaya masing-masing pekerja Rp 30.000,-/hari. Kapasitas produksi tersebut kurang maksimal jika dibandingkan dengan kebutuhan pasar. Sehingga diperlukan alat bantu untuk mengoptimalkan produksi emping serta efisiensi biaya produksi.

Published
2019-11-26
Section
Articles