PENGUJIAN APLIKASI WEBSITE MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi website praktekdokter)

  • Yusuf Sutanto -
  • Doddy Satrya Perbawa -
  • Agus Utomo -
Keywords: Aplikasi Website, Black Box Testing Boundary Value Analysis

Abstract

Website merupakan salah satu system informasi yang sudah sangat dibutuhkan setiap instansi baik pemerintahan maupun swasta, hal ini sudah terbukti mulai dari bidang instansi pendidikan negeri maupun swasta sudah tidak asing dengan system informasi berbasis website. Sistem informasi sangat penting karena dapat digunakan untuk rekap data akademik dan memberikan layanan secara online kepada setiap masyarakat yang saat ini sudah tidak asing dengan dunia internet dan digital.Layaknya sebuah system perlu dilakukan pengujian agar dapat diketahui sisi kekurangan dan kelemahan suatu system.
Berbagai metode pengujian system sudah banyak digunakan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan system informasi berbasis website. Salah satunya adalah pengujian system metode black box dengan cara Boundary Value Analys. Boundary Value Analysis merupakan cara pengujian dengan menentukan nilai batas bawah dan batas atas dari data yang akan ingin diuji. Pengujian ini dilakukan pada fungsi tambah data pasien pada website rekam medis praktek dokter. Hasil pengujian menunjukkan bahwa masih terdapat banyak kekurangan saat melakukan validasi data yang akan dimasukkan, sehingga dapat menyebabkan data yang disimpan pada database tidak sesuai dengan data yang diharapkan. Hasil pengujian dapat dijadikan masukan untuk memperbaiki aplikasi karena dalam persyaratan kelayakan system informasi perlu dilakukan pengujian agar dapat diketahui kekurangan dan kelebihan system informasi.

Published
2019-02-13
Section
Articles