PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA, LOKASI DAN KUALITAS PENGAJAR TERHADAP WORD OF MOUTH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Pada Politeknik Indonusa Surakarta)

  • Suci Purwandari Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Kualitas layanan, Citra, lokasi, kualitas pengajar, kepuasan mahasiswa, word of mouth

Abstract

Untuk menghadapi tantangan Politeknik Indonusa Surakarta harus melakukan evaluasi dan
perbaikan-perbaikan atas kinerja yang telah dicapainya, sehingga memiliki keunggulan kompetitif
yang baik dan dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. Hasil penelitian yang telah
dilakukan menunjukkan bahwa Word of mouth berpengaruh dominan terhadap keputusan siswa
memilih belajar di Politeknik Indonusa Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, sangat
penting untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi para mahasiswa melakukan word of
mouth yang positif untuk mengajak teman, saudara, adik kelas atau orang lain untuk belajar di
Politeknik Indonusa Surakarta Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan, citra perusahaan, lokasi dan kualitas pengajar terhadap word of mouth yang dimediasi
oleh kepuasan mahasiswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling dan jumlah
sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner, sedangkan metode analisis data menggunakan Path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra, lokasi dan kualitas
pengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kepuasan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap word of mouth, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap word of mouth. Citra tidak berpengaruh signifikan terhadap word of mouth
Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap word of mouth. Kualitas pengajar tidak berpengaruh
signifikan terhadap word of mouth.

Published
2019-11-27
Section
Articles