PELATIHAN PEMBUATAN MARZIPAN BAGI SISWA SMA DIFABEL DI SLB NEGERI SURAKARTA

  • Wahyu Tri Hastiningsih Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: SLB, pelatihan marzipan, kebogaan

Abstract

Ketrampilan merupakan salah satu ilmu yang dapat diberikan kepada siapapun.Ketrampilan ditujukan guna menambah ilmu.Daloam hal ini diberikan kepada siswa SMA difabel.Siswa disabilitas perlu adanya ketrampilan yang dapat menjadi modal bagi masa depan. Guna menunjang ketrampilan yang diperoleh siswa disabilitas, telah dilaksanakan program kemitraan masyarakat yaitu pelatihan pembuatan marzipan.
Siswa yang bergabung dalam pelatihan ini terdiri dari siswa dengan keterbelakangn mental dan tuna rungu. Pelaksanakan praktikum secara individu mulai dari awal yaitu pengolahan bahan baku, pembentukan, pewarnaan hingga glazing dengan agar-agar hingga pengemasan. Dalam pelatihan ini, tidak hanya berupa pembelajaran teknik ketrampilan pembuatan marzipan namun juga diberikan pembelajaran berupa menghitung harga jual.
Dengan adanya pelatihan ini, siswa SMA dapat mendapat ketrampilan yang menjadikan lebih mandiri terutama setelah lulus sebagai bekal kemandirian yaitu menjadi wirausahawan dalam bidang kebogaan.

Published
2019-02-13
Section
Articles