UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KALIMAT MENGALIR PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MATESIH SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Kamadi Kamadi SMP Negeri 1 Matesih Karanganyar
Keywords: Teknik kalimat mengalir, keterampilan menulis

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa hasil pembelajaran menulis
teks recount masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dari
guru untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis teks recount siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan
untuk : 1) Memperoleh informasi tentang dapat tidaknya teknik kalimat mengalir meningkatkan
keterampilan menulis teks recount, 2) Memperoleh informasi tentang dapat tidaknya teknik kalimat
mengalir meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran menulis teks recount. Prosedur
Penelitian Tindakan Kelas ini mencakup tahap-tahap : (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan
tindakan, (3) observasi dan interprestasi, dan (4) analisis dan refleksi.
Penelitian ini didesain dalam dua siklus dengan menggunakan teknik kalimat mengalir.
Instrument penelitian menggunakan teknik tes dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif, yakni hasil belajar siswa dianalisis dengan mendeskripsikan nilai tes antar
siklus dengan indikator kinerja. Hasil observasi dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil
pengamatan dan reflection. Hasil dari Penelitian Tindakan kelas ini adalah ini adalah : Pada
kondisi awal 15 siswa atau 46 % tidak tuntas, 17 siswa atau 54% tuntas. Pada siklus I 8 siswa
atau 25 % tidak tuntas, 24 siswa atau 75 % tuntas. Pada Siklus II 4 siswa atau 12,5 % tidak tuntas,
28 siswa atau 87,5 % tuntas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik
kalimat mengalir dapat meningkatkan keterampilan menulis teks recount siswa VIII A SMP Negeri
1 Matesih.Teknik Kalimat mengalir juga dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam
pembelajaran menulis teks recount. Dengan tingkat ketuntasan klasikal 87,5 % pada siklus II
menujukan bahwa upaya perbaikan pembelajaran telah berhasil. Teknik kalimat mengalir efektif
digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks recount.

Published
2019-11-27
Section
Articles