Peningkatan Prestasi Belajar Mengelola Peralatan Kantor Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Together Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten Semester 3 Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Dono Budoyo SMK NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN
Keywords: Model pembelajaran Learning Together. Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Mengelola Peralatan
Kantor melalui penerapan model pembelajaran Learning Together siswa Kelas XI Administrasi
Perkantoran 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten semester 3 tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaborasi antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran produktif program keahlian
administrasi perkantoran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1
SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh
peneliti yang direncanakan bersama dengan guru teman sejawat. Sumber data penelitian ini adalah
informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi dan tes. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru
pengampu mata pelajaran tersebut. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi.
Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar Mengelola Peralatan Kantorsiswa kelas XI Administrasi Perkantoran 1 SMK
Negeri 1 Jogonalan Klaten melalui penerapan model pembelajaran Learning Together. Hasil
penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar Mengelola Peralatan
Kantor siswa dari 19 siswa (53%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 26 siswa (72%) yang tuntas
pada siklus I dan meningkat menjadi 34 siswa (94%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai
rata-rata prestasi belajar Mengelola Peralatan Kantor meningkat dari 72,96 pada pra siklus menjadi
79,81 (meningkat 9%) pada siklus I dan menjadi 85,37 (meningkat 17%) pada siklus II.

Published
2019-11-27
Section
Articles