Peningkatan Prestasi Belajar Menyajikan Laporan Harga Pokok Produk Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individuality (TAI) Pada Siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Semester 5 Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Susanto Susanto SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten
Keywords: Model pembelajaran Team Assisted Individuality (TAI). Prestasi belajar. Siklus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar menyajikan laporan harga
pokok produk melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individuality (TAI) siswa
Kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten semester 5 tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang dilakukan
kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran produktif program keahlian
akuntansi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Jogonalan
Klaten yang berjumlah 35 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan
bersama dengan guru teman sejawat. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa
dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Proses
penelitian dilakukan dalam dua siklus mengingat peneliti adalah guru pengampu mata pelajaran
tersebut. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali
pertemuan dan masing-masing pertemuan 3 x 45 menit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
prestasi belajar Menyajikan laporan harga pokok produk siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri
1 Jogonalan Klaten melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individuality (TAI).
Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan prestasi belajar menyajikan laporan
harga pokok produk siswa dari 18 siswa (51%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 26 siswa (74%)
yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 32 siswa (91%) yang mencapai batas ketuntasan
belajar. Nilai rata-rata prestasi belajar Menyajikan laporan harga pokok produk meningkat dari
73,71 pada pra siklus menjadi 79,57 (meningkat 8%) pada siklus I dan menjadi 84 (meningkat
14%) pada siklus II.

Published
2019-11-27
Section
Articles